SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN DOSIS OBAT PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus Di Klinik Dokter Umum Karanggayam - Srengat)

  • Mawaddah U
  • Fauzi M
N/ACitations
Citations of this article
20Readers
Mendeley users who have this article in their library.

Abstract

Pembahasan utama dalam skripsi ini adalah perancangan dan pembuatan sistempendukung keputusan dengan metode forward chaining. Penelitian dalam skripsi inimenggunakan subjek penyakit anak dan dosis obat anak karena penentuan jenis penyakit dan dosis obat pada anak yang dilakukan sebelumnya masih ditentukan oleh dokter sendiri.Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pendukung keputusan ini adalah forward chaining untuk menentukan jenis penyakit pada pasien, di mana sistem digerakkan oleh fakta-fakta yang ada. Fakta tersebut diperoleh dari kondisi fisik pasien, atau disebut dengan gejala. Dalam pembuatan sistem pendukung keputusan ini diperlukan penggalian data yang bersumber pada pakar, dalam hal ini adalah dokter. Proses pengujian sistem pendukung keputusan ini menggunakan angket. Berdasarkan hasil kuisioner, sistem pendukung keputusan ini memiliki prosentase kemudahan program untuk digunakan oleh pengguna adalah sebesar 48,8%. Selain itu kesesuaian program ini juga mendapatkan prosentase yang besar juga.

Cite

CITATION STYLE

APA

Mawaddah, U., & Fauzi, M. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN DOSIS OBAT PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus Di Klinik Dokter Umum Karanggayam - Srengat). ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 12(1). https://doi.org/10.30957/antivirus.v12i1.440

Register to see more suggestions

Mendeley helps you to discover research relevant for your work.

Already have an account?

Save time finding and organizing research with Mendeley

Sign up for free