PENGARUH ROLE PLAY DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENURUNKAN TINGKAT BULLYING SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XII di SMK Negeri 41 Jakarta)

  • Nuliandini P
  • Hanim W
  • Sismiati S. A
N/ACitations
Citations of this article
5Readers
Mendeley users who have this article in their library.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh role play dalam konseling kelompok untuk menurunkan tingkat bullying peserta didik kelas XII SMK Negeri 41 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah delapan belas orang siswa kelas XII SMK Negeri 41 Jakarta yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tingkat bullying. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0 yang menunjukkan bahwa tingkat bullying memperoleh Sig = 0,002, yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan penurunan tingkat bullying peserta didik yang mendapatkan layanan konseling kelompok dengan metode role play lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang tidak mendapatkan layanan konseling kelompok dengan metode role play. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, role play dalam konseling kelompok berpengaruh terhadap penurunan tingkat bullying siswa. Oleh karena itu, guru bimbingan dan konseling dapat menjadikan role play dalam konseling kelompok sebagai salah satu bentuk alternatif penanganan untuk menangani siswa yang memiliki tingkat bullying yang tinggi. 

Cite

CITATION STYLE

APA

Nuliandini, P., Hanim, W., & Sismiati S., A. (2016). PENGARUH ROLE PLAY DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENURUNKAN TINGKAT BULLYING SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XII di SMK Negeri 41 Jakarta). INSIGHT: JURNAL BIMBINGAN KONSELING, 5(1), 81. https://doi.org/10.21009/insight.051.12

Register to see more suggestions

Mendeley helps you to discover research relevant for your work.

Already have an account?

Save time finding and organizing research with Mendeley

Sign up for free